Buku Pegangan Guru dan Siswa Kurikulum 2013 (Silakan Unduh)
Kepada yang memerlukan buku elektrononik kurikulum 2013, silakan dapat mengunduhnya sesuai kebutuhan, meskipun baru beberapa mata pelajaran semoga bermanfaat.
No | Nama Buku | Pegangan Guru | Pegangan siswa | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
1. | Bahasa Indonesia | Unduh | Unduh | ||||||
2. | Matematika | Unduh | Unduh | ||||||
3. | Sejarah Indonesia | Unduh | Unduh |
SEMEST | BLN-THN | HABELSKL | HABEF | LIMING | LISEM | LIUM | LIKHUS | LIAG | J-HALIB |
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | 7 | 8 | 9 | 10 |
GJL | Jul-13 | 18 | 18 | 4 | 6 | 0 | 0 | 3 | 13 |
sda | Ags-13 | 15 | 15 | 4 | 0 | 3 | 3 | 6 | 16 |
sda | Sep-13 | 25 | 19 | 5 | 0 | 0 | 0 | 0 | 5 |
sda | Okt-13 | 24 | 24 | 4 | 0 | 1 | 2 | 0 | 7 |
sda | Nov-13 | 25 | 25 | 4 | 0 | 1 | 0 | 0 | 5 |
sda | Des-13 | 20 | 6 | 5 | 5 | 1 | 0 | 0 | 11 |
semest | BLN-THN | HABELSKL | HABEF | LIMING | LISEM | LIUM | LIKHUS | LIAG | J-HALIB |
gnp | Jan-14 | 24 | 24 | 4 | 0 | 3 | 0 | 0 | 7 |
sda | Feb-14 | 24 | 24 | 4 | 0 | 0 | 0 | 4 | 16 |
sda | Mar-14 | 26 | 20 | 5 | 0 | 0 | 0 | 0 | 5 |
sda | Apr-13 | 25 | 25 | 4 | 0 | 1 | 0 | 0 | 5 |
sda | Mei-14 | 25 | 25 | 4 | 0 | 2 | 0 | 0 | 6 |
sda | Jun-14 | 18 | 4 | 5 | 7 | 0 | 0 | 0 | 12 |
JMLH | GJL | 127 | 107 | 26 | 11 | 6 | 5 | 9 | 57 |
JMLH | GNP | 142 | 122 | 26 | 7 | 6 | 0 | 0 | 39 |
JMLH | TOTAL | 269 | 229 | 52 | 18 | 12 | 5 | 9 | 96 |
No | Prg | Nama Siswa | No | Prg | Nama Siswa |
---|---|---|---|---|---|
1. | IPA | AMRI APRILIADI | 44. | IPS | MUH. FATHULLAH AZMI |
2. | IPA | BAIQ INTAN NINGRAWATI | 45. | IPS | M. IKBAL |
3. | IPA | BAIQ RIA ASKINA | 46. | IPS | M. RUDI HERDIAN HIDAYAT |
4. | IPA | BAIQ SUHAINI | 47. | IPS | MUHAMMAD HERI SUPRIADI |
5. | IPA | DEDI HARYONO | 48. | IPS | MUHAMMAD TARWIN HASNADI |
6. | IPA | DESI NOVIANA | 49. | IPS | MUHAMMAD ZULKIFLI |
7. | IPA | DESY SUMAININGSIH | 50. | IPS | NANA IZZATI |
8. | IPA | EKA HILMI RAHMAWATI | 51. | IPS | REZA DESIANA |
9. | IPA | HIDAYATUL ISLAM | 52. | IPS | RIKI TURMIZI |
10. | IPA | HUSNUL HAWANI | 53. | IPS | ROSITA |
11. | IPA | INTAN SRI HANDAYANI | 54. | IPS | ROI SUSANTO |
12. | IPA | ISNAWATI | 55. | IPS | SITI MARZUQOH AMIN |
13. | IPA | LALU AKHIRUDDIN | 56. | IPS | SOPIAN |
14. | IPA | LILI SURYADI ANDI | 57. | IPS | SRI SUHARI MASRURI AINI |
15. | IPA | MUHAMMAD AZHARI FADLI | 58. | IPS | AHMAD ARBAIN |
16. | IPA | M. RIJALUL PAHLAWI | 59. | IPS | ANDI AZIZ |
17. | IPA | MARNIWATI | 60. | IPS | DEDY IRAWAN |
18. | IPA | MARTININGSIH | 61. | IPS | EDEN YOGA WIRAJAYA |
19. | IPA | MELISA FITRIYAH | 62. | IPS | DONI OPAN HARIADI |
20. | IPA | MUH. ROPI HAMZANI | 63. | IPS | ELI SUPIANI |
21. | IPA | MULKAIYAH | 64. | IPS | HAMDAN KASIM |
22. | IPA | NI'AM | 65. | IPS | HERMAN |
23. | IPA | NOVIA MASLIHAH | 66. | IPS | INDRA ANGGARA |
24. | IPA | NURUL MUHARRAMI | 67. | IPS | LALU ADITIA WIJAKSANA |
25. | IPA | ROSNIATI | 68. | IPS | LENI YULIANTI |
26. | IPA | ROI ANDIKA SETIA JAYA | 69. | IPS | M. SUBHAN ZAKI |
27. | IPA | RUSLINA SABATUL HIDAYATI | 70. | IPS | MAULIDI HASRI |
28. | IPA | SAKMAH | 71. | IPS | MUH. KAMSURI HABIBI |
29. | IPA | SITI ASMIDA RIYANI | 72. | IPS | MUH. RIADI EFENDI |
30. | IPA | SITI HAMIDAH | 73. | IPS | MUHAMMAD RONI EFENDI |
31. | IPA | WINDA SUSANTI | 74. | IPS | NURLAILI |
32. | IPS | ABDUL HAFIZ | 75. | IPS | NURUL AINI |
33. | IPS | ABDUL KARIM | 76. | IPS | RAHMATULLAH |
34. | IPS | ALINDRA PARAMESWARI | 77. | IPS | ROMI SUSILAWATI |
35. | IPS | BAIQ VIVIN SRIWAHYUNI | 78. | IPS | SARITINI NURYATI |
36. | IPS | DENI APRILIADI | 79. | IPS | SITI PATIMAH |
37. | IPS | DIAN AFRIANA | 80. | IPS | SOFIATUN HIDAYAH |
38. | IPS | FATIMATUZZAHRA | 81. | IPS | USMAN HIDAYATULLAH |
39. | IPS | HAMZANI BADRI | 82. | IPS | WENY AIDA NINGSIH |
40. | IPS | HASANUL ASROY | 83. | IPS | YUSRI ILHAM HADI |
41. | IPS | JAYA KUSUMA | 84. | IPS | ZIKRI INSANUL HAQ |
42. | IPS | KHAIRUL FATONI | 85. | IPS | ZUBA IRMAN |
43. | IPS | LUTHFIANA BACHRAINI HAAR | 86. | IPS | # |
Pembagian Raport
Saat-saat seperti inilah para guru berada dalam tingkat stres yang tinggi. Terutama para wali kelas. Saya bisa merasakan, karena saya pernah beberapa kali menjadi wali kelas. Dulu ibu saya adalah seorang wali kelas pada MI Montong Beter. Saat itu, Ibu sering meminta bantuan saya untuk mengisi raport. Bukan untuk menuliskan nilai pada raport, tapi Ibu meminta saya untuk menghitung kembali nilai-nilai yang sudah masuk. Ibu kasihan jika ada nilai yang “meleset” meski sedikit. Maklumlah, jaman itu menghitungnya masih manual, pakai kalkulator. Belum seperti sekarang yang semuanya bisa dengan mudah dilakukan oleh Excel (misalnya), apalagi telah diberi rumus yang memudahkan para guru menuliskan data yang tepat di raport para siswanya.
Untuk Laporan hasil belajar (LHB) siswa sejak 2 tahun saya selaku tenaga administrasi di SMA Birrul Walidain NW Rensing menerapkan LHB berbasis IT yang dimana LHB diolah dengan menggunakan Excel yang sudah saya buat sederhana sehingga nilai yang disetor bapak/ibu guru langsung dientry dan semua data yang dientry secara otomatis masuk kedalam format RAPORT yang sudah saya buat juga. Dan untuk wali kelas tinggal tanda tangan saja. (santai yaaa jadi wali kelas kalau begini)
Tepat pada hari Sabtu, tanggal 22 Juni 2013, laporan Hasil belajar siswa dibagikan. Dan bagi siswa yang mendapat prestasi dari 1 s/d 3 diberikan hadiah sebagai motivasi baik bagi mereka yang berprestasi maupun sebagai pembangkit semangat bagi siswa yang belum berprestasi.
Libur semester genap sejak tanggal 24 Juni s/d 7 Juli 2013, masuk pada hari Kamis tanggal 11 Juli 2013. Tanggal 8 s/d 10 Juli 2013 Libur Awal Puasa, Tanggal 4 s/d 6 Juli 2013 Siswa Baru 2013/2014 melaksanakan Masa Orientasi Peserta Didik Baru (MOPDB)
Aku Tidak Lebih Dulu ke Surga
- Aku tidak tahu dimana berada. Meski sekian banyak manusia berada disekelilingku, namun aku tetap merasa sendiri dan ketakutan. Aku masih bertanya dan terus bertanya, tempat apa ini, dan buat apa semua manusia dikumpulkan. Mungkinkah, ah aku tidak mau mengira-ngira.
- Rasa takutku makin menjadi-jadi, tatkala seseorang yang tidak pernah kukenal sebelumnya mendekati dan menjawab pertanyaan hatiku. "Inilah yang disebut Padang Mahsyar," suaranya begitu menggetarkan jiwaku. "Bagaimana ia bisa tahu pertanyaanku," batinku. Aku menggigil, tubuhku terasa lemas, mataku tegang mencari perlindungan dari seseorang yang kukenal.
- Kusaksikan langit menghitam, sesaat kemudian bersinar kemilauan. Bersamaan dengan itu, terdengar suara menggema. Aku baru sadar, inilah hari penentuan, hari dimana semua manusia akan menerima keputusan akan balasan dari amalnya selama hidup didunia. Hari ini pula akan ditentukan nasib manusia selanjutnya, surgakah yang akan dinikmati atau adzab neraka yang siap menanti.
- Aku semakin takut. Namun ada debar dalam dadaku mengingat amal-amal baikku didunia. Mungkinkah aku tergolong orang-orang yang mendapat kasih-Nya atau jangan-jangan .........
- Aku dan semua manusia lainnya masih menunggu keputusan dari Yang menguasai hari pembalasan. Tak lama kemudian, terdengar lagi suara menggema tadi yang mengatakan, bahwa sesaat lagi akan dibacakan daftar manusia-manusia yang akan menemani Rasulullah SAW di surga yang indah. Lagi-lagi dadaku berdebar, ada keyakinan bahwa namaku termasuk dalam daftar itu, mengingat banyaknya infaq yang aku sedekahkan. Terlebih lagi, sewaktu didunia aku dikenal sebagai juru dakwah. "Kalaulah banyak orang yang kudakwahi masuk surga, apalagi aku," pikirku mantap.
- Akhirnya, nama-nama itupun mulai disebutkan. Aku masih beranggapan bahwa namaku ada dalam deretan penghuni surga itu, mengingat ibadah-ibadah dan perbuatan-perbuatan baikku. Dalam daftar itu, nama Rasulullah Muhammad SAW sudah pasti tercantum pada urutan teratas, sesuai janji Allah melalui Jibril, bahwa tidak satupun jiwa yang masuk kedalam surga sebelum Muhammad masuk. Setelah itu tersebutlah para Assabiquunal Awwaluun. Kulihat Fatimah Az Zahra dengan senyum manisnya melangkah bahagia sebagai wanita pertama yang ke surga, diikuti para istri-istri dan keluarga rasul lainnya.
- Para nabi dan rasul Allah lainnya pun masuk dalam daftar tersebut. Yasir dan Sumayyah berjalan tenang dengan predikat Syahid dan syahidah pertama dalam Islam. Juga para sahabat lainnya, satu persatu para pengikut terdahulu Rasul itu dengan bangga melangkah ke tempat dimana Allah akan membuka tabirnya. Yang aku tahu, salah satu kenikmatan yang akan diterima para penghuni surga adalah melihat wajah Allah. Kusaksikan para sahabat Muhajirin dan Anshor yang tengah bersyukur mendapatkan nikmat tiada terhingga sebagai balasan kesetiaan berjuang bersama Muhammad menegakkan risalah. Setelah itu tersebutlah para mukminin terdahulu dan para syuhada dalam berbagai perjuangan pembelaan agama Allah.
- Sementara itu, dadaku berdegub keras menunggu giliran. Aku terperanjat begitu melihat rombongan anak-anak yatim dengan riang berlari untuk segera menikmati kesegaran telaga kautsar. Beberapa dari mereka tersenyum sambil melambaikan tangannya kepadaku. Sepertinya aku kenal mereka. Ya Allah, mereka anak-anak yatim sebelah rumahku yang tidak pernah kuperhatikan. Anak-anak yang selalu menangis kelaparan dimalam hari sementara sering kubuang sebagian makanan yang tak habis kumakan.
- "Subhanallah, itu si Parmin tukang mie dekat kantorku," aku terperangah melihatnya melenggang ke surga. Parmin, pemuda yang tidak pernah lulus SD itu pernah bercerita, bahwa sebagian besar hasil dagangnya ia kririmkan untuk ibu dan biaya sekolah empat adiknya. Parmin yang rajin sholat itu, rela berpuasa berhari-hari asal ibu dan adik-adiknya di kampung tidak kelaparan. Tiba-tiba, orang yang sejak tadi disampingku berkata lagi, "Parmin yang tukang mie itu lebih baik dimata Allah. Ia bekerja untuk kebahagiaan orang lain." Sementara aku, semua hasil keringatku semata untuk keperluanku.
- Lalu berturut-turut lewat didepan mataku, mbok Darmi penjual pecel yang kehadirannya selalu kutolak, pengemis yang setiap hari lewat depan rumah dan selalu mendapatkan kata "maaf" dari bibirku dibalik pagar tinggi rumahku. Orang disampingku berbicara lagi seolah menjawab setiap pertanyaanku meski tidak kulontarkan, "Mereka ihklas, tidak sakit hati serta tidak memendam kebencian meski kau tolak."
- Masya Allah murid-murid pengajian yang aku bina, mereka mendahuluiku ke surga. Setelah itu, berbondong-bondong jamaah masjid-masjid tempat biasa aku berceramah. "Mereka belajar kepadamu, lalu mereka amalkan. Sedangkan kau, terlalu banyak berbicara dan sedikit mendengarkan. Padahal, lebih banyak yang bisa dipelajari dengan mendengar dari pada berbicara," jelasnya lagi.
- Aku semakin penasaran dan terus menunggu giliranku dipanggil. Seiring dengan itu antrian manusia-manusia dengan wajah ceria, makin panjang. Tapi sejauh ini, belum juga namaku terpanggil. Aku mulai kesal, aku ingin segera bertemu Allah dan berkata, "Ya Allah, didunia aku banyak melakukan ibadah, aku bershodaqoh, banyak membantu orang lain, banyak berdakwah, izinkan aku ke surgaMu
- Orang dengan wajah bersinar disampingku itu hendak berbicara lagi, aku ingin menolaknya. Tetapi, tanganku tak kuasa menahannya untuk berbicara. "Ibadahmu bukan untuk Allah, tapi semata untuk kepentinganmu mendapatkan surga Allah, shodaqohmu sebatas untuk memperjelas status sosial, dibalik bantuanmu tersimpan keinginan mendapatkan penghargaan, dan dakwah yang kau lakukan hanya berbekas untuk orang lain, tidak untukmu," bergetar tubuhku mendengarnya.
- Anak-anak yatim, Parmin, mbok Darmi, pengemis tua, murid-murid pengajian, jamaah masjid dan banyak lagi orang-orang yang sering kuanggap tidak lebih baik dariku, mereka lebih dulu ke surga Allah. Padahal, aku sering beranggapan, surga adalah balasan yang pantas untukku atas dakwah yang kulakukan, infaq yang kuberikan, ilmu yang kuajarkan dan perbuatan baik lainnya. Ternyata, aku tidak lebih tunduk dari pada mereka, tidak lebih ikhlas dalam beramal dari pada mereka, tidak lebih bersih hati dari pada mereka, sehingga aku tidak lebih dulu ke surga dari mereka.
- Jam dinding berdentang tiga kali. Aku tersentak bangun dan, astaghfirullah ternyata Allah telah menasihatiku lewat mimpi malam ini.
PPDB 2013
- Undang – Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik;
- Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan;
- Peraturan Pemerintah Nomor 47 Tahun 2008 tentang Wajib Belajar;
- Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2010 tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan.
- Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 19 Tahun 2007 tentang Standar Pengelolaan Pendidikan;
- Surat Direktur Direktorat Jenderal Pendidikan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 776/D2/DM/2013 tanggal 12 April 2013 perihal Penerimaan Peserta Diidik Baru SMA Tahun 2013.
- Keputusan Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Provinsi Nusa Tenggara Barat Nomor 188.4/665.Program/Dikpora Tentang Petunjuk Pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), SMP/SMPT/SMPLB, SMA/SMLB dan SMK Tahun Pelajaran 2013/2014.
- Merencanakan, melaksanakan dan mengendalikan PPDB di sekolah;
- Menindaklanjuti hasil sosialisasi dan koordinasi tingkat Kabupaten kepada orang tua, masyarakat dan staf sekolah, serta komite sekolah baik dalam bentuk rapat-rapat, audiensi, publikasi di media elektronik, cetak maupun radio;
- Menyiapkan bahan yang dibutuhkan antara lain banner, pamflet, formulir dan panduan tentang persyaratan pendaftaran;
- Pada Prinsipnya tidak ada penolakan dalam hal penerimaan peserta didik baru, kecuali fasilitas dan daya tampung dari sekolah yang bersangkutan menurut (Permendiknas Nomor 41 Tahun 2007tentang Standar Proses Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah), sekolah tidak memungkinkan untuk menampung seluruh calon peserta didik yang mendaftar;
- Apabila fasilitas dan daya tampung sekolah tidak memungkinkan untuk menerima semua pendaftar (calon peserta didik baru) menurut Standar Proses (Permendiknas Nomor 41 Tahun 2007), maka sekolah perlu melakukan seleksi;
- Pemerataan dan perluasan kesempatan seluas-luasnya kepada calon peserta didik untuk mengembangkan potensi berdasarkan bakat dan minat calon peserta didik baru;
- Peningkatan mut, relevansi dan daya saing serta penguatan kompetensi calon peserta didik baru;
- Mendorong peserta didik untuk terus mengembangkan wawasan pengetahuan dan melatih penguasaan konsep iptek dalam upaya meningkatkan kompetensi calon peserta didik;
- Meningkat daya kompetitif calon peserta didik untuk mampu bersaing di masa yang akan datang baik di tingkat lokal maupun global;
- Meningkatkan penyelenggaraan pendidikan yang bermutu dengan calon peserta didik yang memenuhi standar kompetensi;
- Menumbuhkan budaya kompetitif yang sehat antara peserta didik di dalam sekolah, antar sekolah di lingkungan masyarakat;
- Menerapkan sistem pencapaian mutu tinggi bagi calon peserta didik baru.
- Obyektivitas artinya bahwa Penerimaan Peserta Didik Baru, baik peserta didik baru maupun pindahan harus memenuhi ketentuan yang berlaku;
- Transparansi artinya pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru bersifat terbuka dan dapat diketahui oleh masyarakat termasuk orang tua peserta didik;
- Akuntabilitas artinya Penerimaan Peserta Didik Baru dapat dipertanggungjawabkan kepada masyarakat, baik prosedur maupun hasilnya;
- Tidak Diskriminatif artinya setiap warga negara yang berusia sekolah dapat mengikuti program pendidikan di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia tanpa membedakan suku, daerah asal, agama dan golongan;
- Kompetitif artinya setiap peserta didik baru diberi kesempatan yang sama untuk melakukan kompetisi guna memperoleh sekolah sesuai dengan mutu yang diinginkan.
- Telah lulus SMP/MTs, Memiliki Ijazah dan atau SKHUN; atau
- Telah lulus Program Paket B, memiliki Ijazah Program Paket B Setara SMP;
- Berusia setinggi-tingginya 18 tahun pada awal tahun pelajaran baru (per 8 Juli 2013);
- Dengan mempertimbangkan nilai hasil Ujian Nasional (UN) untuk seleksi jalur non tes pada mata pelajaran : Bahasa Indonesia; Matematika; Bahasa Inggris; Ilmu Pengetahuan Alam (IPA);Nilai penghargaan prestasi akademik dan non akademik.
- Persyaratan Calon Peserta Didik Baru SMA Birrul Walidain NW Rensing adalah anak yang tamat dan Lulus SMP, SMPLB dan MTs, memiliki Ijasah dan atau SKHUN/Program Kejar Paket B memiliki Ijasah Program Paket B setara SMP, serta berusia minimal 15 tahun pada awal tahun pelajaran baru (per 15 Juli 2013);
- Bagi peserta didik yang memperoleh nilai Ujian Nasional SMP/MTs tertinggi dengan peringkat 10 besar tingkat kabupaten dapat secara langsung diterima di SMA yang menjadi pilihannya tanpa melalui seleksi.
- Calon Siswa datang sendiri atau kolektif
- Calon Siswa hanya dapat memilih satu sekolah
- Seleksi Penerimaan Peserta Didik Baru pada dasarnya memakai bahan dasar Nilai Ujian Nasional yang tertuang pada SKHUN, dan khusus untuk sekolah tertentu mempergunakan nilai Tes Akademik serta Nilai Penghargaan Akademik maupun Non Akademik
- Pendaftar wajib menyerahkan SKHUN sementara yang dicetak oleh sekolah dan ditandatangani oleh Kepala Sekolah apabila SKHUN asli belum keluar.
- Menyerahkan foto copy ijasah yang telah dilegalisir. X. LAIN – LAIN Hal – hal yang perlu mendapat perhatian khusus adalah sebagai berikut :
- Agar dicegah dan dihindari adanya KKN dalam bentuk apapun pada pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru.
- Tidak dibenarkan pembebanan biaya keperluan sekolah pada saat pendaftaran ulang.
- Biaya pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru bagi calon Peserta Didik dari Keluarga Miskin agar dibebaskan atau tidak dipungut biaya dengan melampirkan fotokopi kartu gakin/BLT.
- Penerimaan peserta didik baru pada SMA Birrul Walidain NW Rensing diatur biaya penerimaannya seringan mungkin dengan memberikan prioritas bagi peserta didik yang berasal dari keluarga ekonomi kurang mampu dan diupayakan dibebaskan dari biaya penerimaan atau tidak dipungut biaya.
- Setiap penyelenggara memanfaatkan sebaik mungkin bantuan-bantuan dana yang diterima dari pemerintah atau pemerintah daerah untuk membantu pembiayaan bagi siswa-siwa yang direkrut dari keluarga miskin, sesuai dengan aturan yang berlaku.
- Menerapkan mekanisme subsidi silang untuk membantu pembiayaan siswa miskin. Penerapan mekanisme ini harus dilakukan melalui proses musyawarah yang obyektif, adil dan demokratis antara pihak sekolah dan orang tua siswa, serta dilaksanakan dengan manajemen yang transparan dan akuntabel.
- Menerapkan langkah-langkah afirmasi lain yang diperlukan untuk menjamin pemenuhan hak siswa dari keluarga miskin untuk memperoleh pendidikan tanpa menghambat upaya sekolah dalam peningkatan mutu.
- Khusus seleksi calon peserta didik program akselerasi harus memiliki taraf kecerdasan skor IQ 130 keatas, dan kemampuan berpikir produktif dan kreatif. XI. Hal – hal yang dianggap penting dan belum diatur dalam Pedoman ini akan diatur lebih lanjut atau diselesaikan secara konsultatif dengan Kepala Sekolah SMA Birrul Walidain NW Rensing.